Skip to content

2022

Linux Server System Audit Using Cisofy Lynis

Published on 2022-08-20

This Is Picture

Lynis adalah alat audit keamanan untuk sistem berbasis UNIX seperti Linux, macOS, BSD, dan lainnya. Ini melakukan pemindaian keamanan mendalam dan berjalan pada sistem itu sendiri.

Hardening System merupakan sebuah keharusan yang wajib kita lakukan dalam mempersiapkan environment aplikasi yang akan kita gunakan, hal seperti bagaimana sistem melakukan patching, upgrade dan konfigurasi server untuk meminimalisir kerentanan yang ada pada server.

Read More: Medium: Linux Server System Audit Using Cisofy Lynis

8 Tips Server Security Hardening

Published on 2022-08-11

This Is Picture

Ketika kita membangun sebuah aplikasi khususnya aplikasi yang berbasi web tentunya kita membutuhkan sebuat server untuk menyimpan dan menjalankan aplikasi kita, dalam hal ini Tim Operation perlu memastikan ketika menyiapkan sebuah environment khususnya server harus memenuhi standar keamanan yang ada, untuk meminimalisir serangan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang akan merugikan perusahaan dimana kita bekerja, disini saya akan memberikan beberapa tips dalam melakukan hardening server khususnya linux server. Read More: Medium: 8 Tips Server Security Hardening

Monitoring Website Menggunakan Uptime Kuma “Uptime Robot” Alternative

Published on 2022-06-01

This Is Picture

Ketika kita memiliki sebuah aplikasi khususnya web apps salah satu poin yang harus kita penuhi adalah SLA (Service Level Agreement) yang mana salah satu faktor yang harus kita penuhi adalah ketersediaan tinggi / High Availability dan ini merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh calon pengguna kita dalam menggunakan aplikasi yang kita miliki karena dengan High Availability yang tinggi artinya layanan aplikasi kita dapat diandalkan kapan saja oleh penggunanya, lalu bagaimana caranya kita untuk meningkatkan High Availability tersebut ? ada beberapa cara yang menurut saya bisa meningkatkan hal tersebut salah satunya adalah Monitoring.

Read More: Medium: Monitoring Website Menggunakan Uptime Kuma “Uptime Robot” Alternative

Mengelola Password List Dengan Passbolt

Published on 2022-05-26

This Is Picture

Quote

Finally, a password manager built for collaboration. Secure, flexible, and automation ready. Trusted by 10,000 organizations, including Fortune 500 companies, newspapers, governments and defence forces.

Ketika kita menggunakan sebuah aplikasi, service atau mengakses sebuah website kita biasanya memerlukan yang namanya kredensial username dan password yang berbeda hal ini akan membuat kita bingung dan terkadang lupa dengan password yang kita gunakan, salah satu solusinya adalah menggunakan password manager, saat ini cukup banyak aplikasi yang menyediakan layanan ini agar membantu kita dalam mengelola password yang kita punya seperti 1password, Google My Password, dll.

Read More: Medium: Mengelola Password List Dengan Passbolt

Integrasi Sonarqube Dengan Jenkins Pipeline

Published on 2022-05-06

This Is Picture

Sonarqube merupakan sebuah tools yang biasanya digunakan pada tahapan Static application security testing (SAST) pada tahap ini sebuah kode program akan dianalisa apakah didalamnya terdapat sebuah kerentanan, bug, code smell dan lainnya. hal ini sangat penting dilakukan agar sebuah kode program memiliki kualitas yang baik dan memiliki keamanan yang baik.

Sonarqube akan melakukan analisa sebuah kode program menggunakan rules yang dimilikinya kemudian melaporkan hasil analisa tersebut kepada user.

Read More: Medium: Integrasi Sonarqube Dengan Jenkins Pipeline